Tentang Batik Tasikmalaya


Batik Tasikmalaya terdiri atas dua jenis, yakni batik cetak dan juga batik tulis (olahan tangan). Batik handmade sesungguhnya memiliki harga makin keatas dampak pengerjaannya makin detail, sehingga tayang menonjol. Batik tulis biasanya dikerjakan oleh pembatik senior yang berpengalaman ataupun menguasai pembuatan motif.

Keunikan motif batik khas Tasikmalaya membuatnya berbeda dari batik khas area berbeda. Motif yang digunakan kebanyakan bertema alam tumbuhan ataupun fauna yang nimbul di Tatar Pasundan. Binatang-binatang yang alamiah dijadikan motif batik Tasikmalaya di antaranya uncal (kancil atau rusa), ramat lancah (laba-laba), kupu-kupu, serta lain-lain. sedangkan motif dunia tumbuhan banyaknya terinspirasi dari tanaman jukut riut (kembang putri malu), kembang nusa indah, kembang melati, bunga cengkeh, ataupun sebagainya.


Sebagian besar batik khas Tasikmalaya memiliki warna-warna cerah, seperti hijau muda, hijau daun, biru, merah, pink, ungu, bahkan oranye. Kain batik yang berwarna-warni tersebut cocok untuk gaun kerja atau baju sehari-hari, semacam blus, rok, kemeja, maupun kaos terusan.

Seiring meningkatnya popularitas batik serupa blus sehari-hari dalam beberapa tahun terakhir, batik khas Tasikmalaya kali ini diawali bangkit bagi mengulang kejayaannya di masa silam. sentra batik yang berdomisili di Kecamatan Cipedes dan Indihiang semakin aktif memproduksi aneka busana dengan komposisi tradisional maupun modern.

Salah eka perajin batik yang sering bertahan saat tahun 1970-an ialah Agnessa Batik yang berada di jalan besar Ciroyom, Kota Tasikmalaya. Agnessa Batik sempat merasakan kemunduran upaya dikala lahirlah ribut politik di kurun selanjutnya maupun penting perdagangan. ditambah dengan kemunculan tekstil bermotif gres yang mengguncang para perajin batik tradisional.

Namun kini, Agnessa Batik serta perajin batik Tasikmalaya lain senantiasa menghasilkan produk-produk pertama. Kebangkitannya dibantu dengan himbauan pejabat setempat kepada kalangan abdi negara negara Sipil (pegawai negeri sipil) serta karyawan swasta di Tasikmalaya bagi memakai blus batik dalam hari-hari tertentu. pemangku jabatan Tasikmalaya juga mengakomodasi mempublikasikan batik ortodoks Tasik dengan menyebarluaskan kalender perajin yang aktif.

Jika lu akan membeli batik Tasikmalaya, seharusnya langsung melihat pusat batik atau outlet yang baik. lain dari menghindari tertipu dengan benda palsu, di center batik sampeyan bisa langsung melihat para perajin membatik.

Review Oleh: NAMA ANDA
Tentang Batik Tasikmalaya, Pada: Sunday, May 11, 2014 - Rating: 100% 99998

No comments: