Macam Ragam Hias Batik Indonesia


Jika ditengok dari ornamennya, batik di daerah-daerah tanah air sangat banyak yang bersumber dari corak hias masa prasejarah, semacam motif geometris dan perlambangan. Mcam-macam batik dapat ditonton dari motif yang dilekatkan. seperti halnya kebudayaan, bermacam hias pada batik pun merasakan perubahan yang dipengaruhi oleh lingkungannya. bermacam hias batik dapat dikelompokkan ke dalam beberapa jenis, diantaranya batik yang memakai motif-motif berikut.

Sehubungan dengan itu beraneka ragam batik dikelompokkan menjadi dua saksi. Pertama, batik Keraton adalah batik yang lahir di ruangan istana khususnya berkembang di kawasan Jawa Tengah. Motif yang diproduksi berdasarkan dalam paham kultur Jawa yang mengacu didalam harga spiritual. Kedua, batik pesisir ialah batik yang dibentuk di alam luar keraton yang merasakan pertumbuhan yang berlainan dengan batik keraton.


Kain batik mulanya dihasilkan dengan ditulis, sebentuk menggambar atau melukis di atas kanvas. Batik yang ditulis dinamakan batik tulis. karakter budaya klasik secara turun-temurun dari leluhur dan juga mampu bertahan sampai sekarang.

Saat ini, kain batik kurang cuman diproduksi dengan ditulis saja, sudah dibuat dengan sistem pencetakan. Batik yang pembuatannya dicetak, terbilang dengan batik cetak. nilai batik tulis terbukti bertambah tidak murah bila dibandingkan dengan batik cetak imbas prosesnya bertambah kuno ataupun dikerjakan dengan giat oleh perajin kain batik.

Kain batik bukanlah budaya kepunyaan sebuah wilayah saja, dampak beberapa kawasan di indonesia memilikinya. Coraklah yang membedakan antara batik Solo dengan batik Pekalongan atau batik Cirebonan, atau batik mana pun. akan tetapi memang, normalnya karakter adat yang satu itu berkembang dan senantiasa kita-kita temui di pulau Jawa. Salah satunya adalah berikut ini, yang akan didefinisikan mengenai batik Tasikmalaya.

Review Oleh: NAMA ANDA
Macam Ragam Hias Batik Indonesia, Pada: Sunday, May 11, 2014 - Rating: 100% 99998

No comments: