Batik Indonesia: Dalam Sejarah


adat republik indonesia betul-betul lekat dengan batik. lain dari kebaya, batik adalah brand kaos tradisional yang sungguh kuat, paling utama selesai ditetapkan UNESCO semacam harta benda gaya hidup jagat raya. tidak kaget bila banyak wilayah di indonesia yang mengembangkan produksi batik, contohnya Pekalongan, Surakarta, Yogyakarta, Cirebon, Indramayu, Garut, sampai batik Tasikmalaya pun ada.

Benar sekali, Tasikmalaya ternyata tidak cuma menyimpan potensi benda-benda kesibukan serta kain bordir. Kota yang dijuluki sebagai Kota Santri ini juga ialah salah eka center batik di Jawa Barat. dalam abad kejayaannya, yaitu tahun 1960-an bahkan 1980-an, batik Tasikmalaya sempat merajai pasar.


Batik di Indonesia
Saat ini, kain batik tidak difungsikan sama dengan elemen pembuat kemeja saja, namun pernah benar-benar fleksibel. terletak beraneka macam benda fungsional lain yang saat itu berunsur dasar kain batik. Sebut saja taplak meja, tas, dompet, seprai, gorden, sarung bantal, bahkan sandal pun berlapiskan kain batik. selalu banyaknya lagi produk-produk yang berunsur kain batik.

Untuk fashion, tidak cuma kemeja yang berunsur unggul kain batik. busana untuk santai sehari-hari, kali ini pernah melimpahnya ditemui yang berbahan kain batik. Rok dan celana pun tatkala itu main marak saja yang berelemen kain batik.

Batik merupakan salah tunggal seni kultur republik indonesia. Seni penempelan warna kain tersebut sebetulnya salah satu seni konvensional yang nimbul di negara lainnya juga, seperti siasat perintang pencorakan melakukan malam.

Hal tersebut dapat diperhatikan dari penemuan di bangsa Mesir yang mengisyaratkan bahwasanya seni pencampuran warna dengan tata cara tersebut pernah dikenal saat masa ke-4 SM, setelah ditemukannya kain untuk membungkus mumi yang terdapat lapisan malam guna membentuk sebuah pola.

Demikian juga halnay dengan benua Asia, sistem sesosok juga sudah dipakai di daerah Tiongkok pada abad Dinasti T’ang, yang berkuasa pada sekitar 618-907. yang lainnya, di tim di daerah jepang dan india, juga siasat seni batik tersebut timbul pada kala Nara tahun 645-794. Di area Afrika, siasat seni lukis seperti batik tersebut dikenal oleh Suku Yoruba dari Nigeria maupun Suku Soninke ataupun Wolof dari Senegal.

Review Oleh: NAMA ANDA
Batik Indonesia: Dalam Sejarah, Pada: Sunday, May 11, 2014 - Rating: 100% 99998

No comments: